Cara Membuat Dimsum Dengan Berbagai Jenis dan Variasinya

Cara Membuat Dimsum

Kali ini saya akan menjelaskan resep cara membuat dimsum dengan cara yang mudah, praktis, dan lezat yang bisa Anda coba di rumah. Tetapi pertama-tama kita akan membahas apakah itu tidak sesuai dengan resep dan bagaimana membuat dimsum.

Apa itu Dimsum?

Dimsum merupakan jenis makanan dari Cina yang merupakan hidangan ringan yang sering disajikan bersama dengan teh Cina. Yum cha adalah istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan makanan ini secara keseluruhan, terutama dalam bahasa Kanton kontemporer dan disajikan pada pagi hingga tengah hari di kedai makanan Cina dan di kedai makanan khusus dimsum.

Resep dan Cara Membuat Dimsum Siomay Udang

Bahan :

  •     24 lembar kulit pangsit
  •     50 gr udang kupas
  •     150 gr ayam
  •     50 gr jamur kuping
  •     1 daun bawang daun bawang (coba juga mesin pengupas bawang)
  •     3 sendok makan pati
  •     1 sendok teh minyak wijen
  •     garam secukupnya
  •     cukup gula
  •     Merica untuk rasa
  •     1 wortel

Cara Membuat :

  1.     Udang kupas halus dan daging ayam. Telinga jamur cincang kasar, lalu daun bawang cincang halus.
  2.     Campur udang, ayam, daun bawang, dan kuping jamur. Kemudian bumbui dengan garam, gula, dan lada.
  3.     Tambahkan tepung ke dalam adonan, lalu uleni.
  4.     Ambil selembar kulit pangsit, isi dengan campuran udang ayam, lalu satukan ujung-ujungnya. Pastikan dan coba untuk menjaga kulit kue diisi dengan adonan boneka, tetapi tidak sampai meluap. Hiasi bagian atasnya dengan wortel parut.
  5.     Panaskan panci yang mengepul di atas kompor listrik yang terletak di sebelah mesin cuci piring dan cetakan burger kemudian tutupi saus dengan daun pisang. Kukus pangsit selama 15 menit.
  6.     Sajikan dengan saus sambal botolan, cabai bangkok, atau saus kacang.

Aturan Makan Dimsum

Meski terlihat sepele, namun makan dimsum ternyata ada aturannya. Jangan hanya makan, perhatikan jenis dan cara makan teh sebagai pendamping.

Karena ukurannya yang kecil dan bentuknya yang beragam, banyak orang menjadi gila ketika makan dimsum. Semakin menarik bentuknya akan dimakan terlebih dahulu, sedangkan dimsum akan lebih enak jika dimakan berurutan sesuai jenisnya.

Berikut ini lima hal yang perlu dipertimbangkan

1. Pesan dengan jumlah porsi yang sesuai

Ukuran mini dimsum membuat orang terkadang sulit mengukur porsi yang tepat. Sarannya, sebaiknya jangan langsung memesan dimsum dalam jumlah besar di awal. Karena kapan saja Anda dapat menambahkan pesanan jika Anda mau.

Pesanlah beberapa jenis dimsum dengan porsi yang disesuaikan dengan jumlah orang yang makan. Idealnya untuk satu orang dapat memesan dua porsi dimsum.

2. Pilih Berbagai Jenis Dimsum

Tidak ada aturan baku yang mengharuskan orang makan jenis dimsum apa. Dimsum dapat dipesan secara bebas sesuai selera. Agar lebih bervariasi, Anda dapat memilih dimsum kukus dan goreng kemudian memesan juga dimsum asin dan dimsum manis.

Secara umum, satu porsi dimsum mengandung 3-4 dimsum kecil sehingga makanan ini bisa dimakan secara berbagi. Semakin banyak variasi pilihan dimsum yang Anda pesan, semakin banyak rasa dan tekstur yang bisa Anda rasakan. Anda bisa makan dimsum yang rasanya asin dulu dan kemudian diakhiri dengan dimsum manis.

3. Gunakan Sumpit atau Tangan

Hidangan ringan dari Cina ini selalu dimakan menggunakan sumpit. Alat pemotong lainnya seperti garpu dan pisau sama sekali tidak diperlukan.

Terkadang sendok juga dimasukkan sebagai alat bantu makan, bukan alat makan utama. Sementara beberapa jenis dimsum bisa dimakan dengan tangan. Misalnya, roti, karena agak susah jika dimakan dengan sumpit. Gunakan sumpit sendiri untuk makan. Untuk mengambil dimsum gunakan sumpit khususnya.

4. Makan Dimsum Disertai Teh

Di negara asalnya, dimsum adalah makanan ringan yang disertai dengan minum teh. Jadi tidak heran semua restoran dimsum selalu menawarkan teh Cina. Kami merekomendasikan memilih teh oolong hangat atau hambar.

Teh yang diminum sambil menikmati dimsum memiliki beragam manfaat mulai dari menetralkan lemak dan minyak, teh juga bisa membuat lidah netral kembali sebelum mencoba varian dimsum lainnya.

5. Makan selagi masih hangat dengan saus

Dalam menyajikan, dimsum selalu disajikan hangat. Agar lebih enak, dimsum jangan dibiarkan terlalu lama, jadi harus segera dimakan.

Di Indonesia, dimsum banyak dinikmati dengan saus sambal, meskipun pelengkap ini bukan pasangan dimsum. Secara umum, dimsum dinikmati dengan tiga saus celup yaitu kecap asin, cuka dicampur dengan jahe dan minyak cabai.

Sekian postingan penjelasan tentang resep  yang mudah, praktis, pastinya enak dan dapat kalian coba di rumah. Anda juga dapat menggunakan alat pemanas makanan. Semoga dapat menambah ilmu dan info bagi kita sehingga dapat memberikan ide bisnis baru yang dapat kita kerjakan agar dapat meminimalisir dan mengurangi jumlah pengganguran yang ada di negeri kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *