Cara Membuat Bumbu Sate Padang yang Enak dan Tentunya Lezat

Cara Membuat Bumbu Sate Padang

Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan saya jelaskan tentang bumbu sate Padang. Namun, sebelum itu, adakah yang tahu tentang apa itu sate padang? ayo kita lihat bersama.

Sate Padang adalah nama untuk tiga jenis varian sate di Sumatera Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman

Bumbu sate Padang menggunakan daging sapi, lidah, atau jerohan (hati, usus, dan tetelan) dengan bumbu saus kacang kental (mirip bubur) ditambah banyak cabai sehingga rasanya pedas.

Sate panjang Padang dibedakan dengan kaldu sate kuning sedangkan kaldu sate Pariaman merah. Rasa kedua jenis sate juga berbeda. Sementara sate memiliki berbagai jenis rasa, dua varian sate digabungkan.

Awalnya makanan ini berasal dari daerah Padang Panjang. Kemudian karena ada sejumlah peziarah dan pemuda yang mempelajari Alquran di Kabupaten Padang Pariaman, makanan ini dibawa ke tempat asal mereka. Selain menyebar ke Pariaman, makanan ini juga mencapai Padang Kota. Resep dan cara membuat sate Padang tidak sulit dengan menggunakan mesin tusuk sate sederhana.

Resep Bumbu Sate Padang

Bahan:

  •     6 siung bawang merah (gunakan mesin pengupas bawang)
  •     4 siung bawang putih
  •     Kunyit 6 cm
  •     1 sendok makan ketumbar
  •     8 cabai keriting
  •     1 sendok teh jintan
  •     Jahe 3 cm
  •     5 lembar daun jeruk
  •     2 batang serai
  •     5 cm lengkuas
  •     1 sendok makan garam
  •     50 gram tepung beras
  •     600 ml air
  •     100 gram kacang tanah, dipanggang, dihaluskan

Cara Memasak Bumbu Sate Padang:

  1.     Ketumbar dan jintan bakar, sisihkan.
  2.     Tambahkan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, cabai keriting dan bumbu ketumbar, dan jintan bakar. Blender dalam food processor.
  3.     Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan serai, daun jeruk, dan garam. Sisihkan setelah bumbu terlihat agak kering.
  4.     Didihkan air, tambahkan dressing berpengalaman.
  5.     Selanjutnya masukkan daging sapi untuk sate ke dalamnya, rebus selama satu jam atau sampai air berkurang setengahnya.
  6.     Ambil dan tiriskan dagingnya, biarkan air bumbu tetap berada di atas kompor.
  7.     Ambil sedikit sisa air matang dalam mangkuk, lalu campur dengan tepung beras. Lalu masukkan campuran saus dan tepung beras kembali ke wajan.
  8.     Tambahkan kacang panggang. Aduk hingga saus mengental.

Tips yang Dapat Anda Terapkan:

  1. Jika tidak ada food processor, Anda bisa menggunakan blender dengan menambahkan sedikit air saja. Namun, sebelum itu ketika menumis, dibutuhkan sedikit lebih lama sampai air habis dan rempah-rempah tampak kering.
  2. Jika bumbu terlalu banyak untuk satu kali makan, Anda bisa menyimpannya. Sebelum menambahkan tepung beras untuk mengentalkan, simpan bumbu dalam beberapa wadah atau kantong plastik, lalu masukkan ke dalam freezer. Anda hanya perlu mencairkannya kembali pada suhu kamar, merebusnya, dan menambahkan tepung beras.

Tips Cara Memasak Sate Padang Empuk

1. Pemilihan Daging yang Tepat:

Agar sate olahan yang kita buat hasilnya sempurna dan sesuai dengan yang diinginkan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan daging. Gunakan daging yang masih segar dan memiliki kualitas yang baik, pastikan daging yang dipilih tidak memiliki terlalu banyak lemak dan urat. Anda dapat memilih daging bagian luar dan bagian dalam.

2. Pemotongan Daging Yang Benar:

Sepotong daging yang benar juga dapat mempengaruhi kelembutan sate. Potongan daging yang terlalu besar akan membuat sate tidak dimasak dengan sempurna, potongan daging yang terlalu kecil justru bisa membuat sate cepat terbakar. Kemudian, pastikan Cara membuat potongan yang seragam sehingga hasilnya empuk dan dimasak dengan sempurna.

3. Penggunaan Saus Perendaman:

Selain bisa dibakar segera setelah ditusuk, daging sate juga bisa diberi air rendaman sebelum dibakar. Anda bisa memberi madu dan air rendaman jahe, direndam dengan nanas parut dan campuran bawang, bawang putih, kemiri, dan garam.

Bumbunya tidak hanya berguna untuk menghilangkan bau, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat sate lebih empuk.

4. Proses Pembakaran Sate:

Untuk membakar sate, Anda dapat menggunakan arang panas dari arang tempurung kelapa, panggangan listrik atau gas dalam wajan datar. Agar daging tidak lengket ke panggangan, oleskan sedikit demi sedikit mentega atau mentega. Saat membakar sate, pastikan menggunakan media yang tepat sehingga produk olahan bisa dimasak dengan sempurna (tidak hangus atau mentah).

Demikian tadi cara membuat bumbu sate padang dan beberapa tips nya, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jika AC Anda rusak bisa service ac rutin di service ac jogja. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *